Blogger Tricks

Widget Slideshow

Social Icons

Sample Text

Featured Posts

Saturday, October 13, 2012

candi kidal




CANDI KIDAL
            Candi ini dinamakan “Kidal” karena letaknya berada di suatu daerah yang bernama kidal. Daerah tersebut sekarang bernama Desa Kidalrejo wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Nama “Kidal” disebut-sebut dalam kitab Pararaton  sebagai tempat pendharmaan raja Anusapati. Dalam kitab tersebut disebutkan : “Lina sang Anusapati i caka 1171, dhinarma sira ring Kidal” (meninggal sang Anusapati pada tahun saka 1171, didharmakan di Kidal).
            Kitab Negarakertagama yang selesai ditulis pada tahun 1365 oleh Mpu Prapanca pada jaman Majapahit menyebut-nyebut tentang daerah yang bernama Kidal, Pupuh 37 bait ke7 menyebutkan adanya suatu pendharmaan yang di kunjungi oleh Hyamwuruk di daerah Kidal, yaitu “warnnan/muwah lari narecwarenjin umaren sudharma ri Kidal”. Pupuh 73 bait ke 3 menyebutkan jumlah sudharma haji (bangunan peringatan) yang utama pada jaman Singhasari, salah satunya adalh Kidal. Juga pupuh 41 bait 1 yang mengisahkan tentang raja Anusapati menyebutkan sebagai berikut :

Bathara san anusanatha wka de bhatara sumilih wicesa siniwi, lawasniran amukti rin rat apageh tikan sayawabhumi bhakti matutur. Cakabdi tilakadri cambhu kalahan/bathara mulih in girindrabhawana, sireki winanun/pradipa cimbha cobhita rikan sudharmana ri kidal
Artinya :
Bathara Anusapati putra baginda mengganti dalm kekuasaan selama pemerintahanya tanah jawa kokoh sentosa bersembah bhakti pada tahun Saka ‘perhiasan-gunung-sumbu’ (1170) beliau ke tempat siwa cahaya beliau diwujudkan arca gemilang di pendharmaan di Kidal.
            Dari dua sumber diatas cukup jelas bahwa nam Kidal sebagai suatu daerah sudah di kenal sejak lama, yaitu sejak jaman awal kerajaan singhasari dan diberitakan dalm jaman Majapahit. Masalahnya sekarang apakah arti dari Kidal?
            Zoetmulder dalam kamus Jawa kunonya menerangkan bahwa kata ‘Kidal’ memiliki dua pengertian. Pengertian pertama berarti ‘kiri’ , dan pengertian kedua adalah ‘kidul’ (selatan). Kamus Jawa kuno yang disusun oleh Mardiwarsito juga mengartikan kata ‘kidal’ dengan dua pengertian yaitu kiri dan selatan . Wojowasito dalm kamus Kawinya memberi pengertian kata ‘kidal’ dengan arti selatan . Sementara Poerwadarminta dalm kamus kecil bahasa Jawa ‘tegesing tembung’ mengartikan kata ‘kidal’ denagn kede atau kiri. Yang akhirnya dimasukkan dalam kamus bahasa Indonesia yang berarti ‘kiri’ atau ‘selalu menggunakn tangan kiri’



Sumber Artikel : http://achsanarea23.blogspot.com/2012/09/cara-pasang-kotak-permalink-di-bawah.html#ixzz2B8PBsDfT
ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 7:48 PM Kategori:

0 comments:

Post a Comment

setelah anda membaca artikel ini silakan anda berkomentar yang baik,sesuai dengan topik pembicaraan, tolong jangan spam

 

Translete

Histats.com © 2005-

iklan


Followers

translete

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

visitor

Flag Counter